Tips Membangun Rumah Minimalis

Apakah ingin melihat rumah dengan budget yang besar namun ternyata tidak sesuai harapan?

Nah, untuk mencegah hal tersebut simaklah tips persiapan yang harus dilakukan sebelum membangun hunian minimalis:

Persiapan Membangun Rumah Minimalis

1. Budget

pexels.com

Budget memang menjadi hal paling penting ketika akan memutuskan untuk membangun hunian minimalis.

Di tengah melonjaknya berbagai harga, tidak terkecuali bahan-bahan bangunan semuanya memerlukan perhitungan yang teliti.

Maka sebaiknya menabunglah jauh-jauh hari sebelum membeli atau membangun rumah.

Tips lain adalah sediakan budget yang melebihi perhitungan karena kadang kali di tengah pembangunan akan ada barang-barang yang bisa melebihi perencanaan budget.

Melalui antisipasi tersebut dapat mencegah pemberhentian pembangunan sementara akibat budget yang habis. Maka dengan begitu proses pembangunan akan berjalan dengan lancar

2. Persiapan Lahan

Sumber Gambar: instagram.com/arquinews

Hal berikutnya adalah mempersiapkan lahan.

Saat ingin membangun hunian yang minimalis dan megah carilah lahan tanah yang luas untuk memudahkan proses pembangunan rumah sesuai dengan keinginan.

Indikator lainnya sebaiknya pilih pula lahan yang strategis dan dekat dengan pusat kota, sekolah, kesehatan, perbelanjaan, dan transportasi dengan begitu segala kegiatan akan dimudahkan.

Selain itu, saran berikutnya sebagaimana disampaikan dekadeko.com, perhatikan pula ketersediaan air bersih, apakah tempat yang dipilih akan mudah untuk mendapatkan air bersih atau tidak.

3. Pertimbangan Menggunakan Jasa Arsitek

Setelah semuanya terencana untuk memasuki tahap pengerjaan rumah, pilih jasa arsitek yang telah berpengalaman, konsultasikan semua keinginan kepada arsitek tersebut.

Karena jika rumah minimalis tanpa perencanaan dari seorang arsitek, bisa jadi hasil pembangunan rumah tidak akan terlihat minimalis mengingat sudah mengeluarkan banyak budget.

Selain memilih jasa arsitek, pilihlah juga kontraktor dan konsultasi, mandor bangunan, dan para kuli bangunan yang berkualitas.

Tentunya, supaya hasil rumah impian akan sesuai harapan maka carilah orang-orang yang telah mempunyai jam terbang yang tinggi.

4. Begitu Juga dengan Jasa Interior Rumah

Sumber Gambar: instagram.com/floorplan_man

Melalui jasa interior segala sesuatu akan tertata dengan baik juga artistik, selain itu akan mempermudah pemilik rumah untuk menghias rumahnya agar lebih terlihat wah dan bagus.

Maka dengan ini hunian akan sangat sempurna, siapapun akan terkesan jika berkunjung ke rumah tersebut.

5. Berguna untuk Investasi Masa Depan

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah pembangunan rumah untuk masa depan.

Tidak dipungkiri bahwa ketika berencana membangun rumah akan ada bayangan untuk menjualnya kembali di masa depan.

Maka bangunlah rumah yang berkualitas dan perencanaan yang baik agar harga jualnya tinggi di masa depan.

Walaupun tidak akan dijual, pembangun rumah tetap harus diperhatikan sebagai investasi masa depan seperti harta warisan kepada anak dan cucu.

Maka bangunlah atau membeli rumah dengan mengedepankan kualitas sejak awal, hal ini akan sangat diperhitungkan pada masa depan.


Pilihan Karakter Rumah Minimalis

Setelah mempersiapkan beberapa persiapan dari budget hingga pengguuan jasa, tahap berikutnya yang bisa dipahami adalah pilihan karakter dari rumah minimalis.

Penerapan-penerapan dari karakter di bawah inilah yang membuat minimalis dari rumah semakin menonjol.

1. Bentuk Geometris

Photo by Victor Garcia on Unsplash

Sebagian besar rumah bergaya minimalis memiliki ciri utama dalam segi bentuk yang sesuai dengan geometri.

Seperti dalam gambar tersebut, di bagian depan rumahnya, terlihat bentuk keseluruhan rumah di dominasi bentuk trapesium.

Beberapa rumah yang lain sering menggunakan bentuk persegi dan persegi panjang untuk aksen di depan rumah. Berbeda dengan desain rumah bergaya farmhouse misalnya, yang menggunakan bentuk dasar berupa atap segitiga dan dinding berjendela.

Jika dilihat, bentuk rumah dengan desain minimalis terkesan lebih kaku.

Selain itu, tidak ada dekorasi berlebihan di halaman rumah. Sebab minimalis berarti tampil minimal dan sesederhana mungkin namun tetap eye-catching.


2. Gunakan Furniture Secukupnya

Photo by Kirill on Unsplash

Ciri kedua dari desain rumah minimalis adalah penggunaan furniture dan dekorasi secukupnya.

Setiap detail benda yang digunakan juga seringkali memuat beberapa ornamen. Namun, gaya minimalis tidak melakukan hal tersebut.

Pemilik rumah hanya akan membeli barang yang dibutuhkan.

Kalaupun mereka menggunakan benda bermotif, hanya akan ada motif senada. Misalnya garis horizontal, vertikal, atau pola geometris lainnya.

Warna yang digunakan pada furniture juga terkesan sama. Seperti pada gambar tersebut. Tema warna yang digunakan adalah abu-abu. Jadi benda yang ada dalam ruangan berwarna abu-abu, putih, hingga hitam.


3. Kesan Rumah Luas dan Bersih

Photo by Carlos Diaz from Pexels

Tampak depan rumah minimalis maupun interiornya terkesan luas dan bersih. Sebab warna yang dipilih cenderung seragam.

Karakter ini membuat rumah berukuran kecil menjadi lebih terasa lapang. Inilah yang menjadi alasan mengapa sebagian besar pengembang perumahan memilih rumah berdesain minimalis.


4. Konsep Ruang Terbuka

Photo by Vecislavas Popa from Pexels

Karakteristik keempat adalah digunakannya desain ruang terbuka. Maksudnya, di dalam rumah ada sebuah ruangan besar yang dibuat menjadi beberapa ruangan dengan fungsi berbeda.

Seperti terlihat pada contoh. Satu ruangan besar, difungsikan sebagai ruang keluarga, ruang makan, dan langsung menembus ke dapur. Ketiga ruangan ini tidak dipisahkan dinding seperti rumah pada umumnya.


Semoga menginspirasi!

Leave a Comment